Minggu, 21 Agustus 2011

Kanker Kandung Kemih

Kandung kemih merupakan organ berongga di perut bagian bawah (panggul). Kerjanya mengumpulkan dan menyimpan urin yang diproduksi oleh ginjal.

    * Seperti mengisi dengan air kencing, otot dinding kandung kemih dan kandung kemih membentang bertambah besar.

    * Ketika kandung kemih mencapai kapasitas urin, kontrak dinding kandung kemih, meskipun orang dewasa memiliki kontrol sukarela atas waktu kontraksi ini. Pada saat yang sama, kontrol otot kemih (sfingter) dalam uretra rileks. Urin kemudian dikeluarkan dari kandung kemih.

    * Urin mengalir melalui tabung yang sempit yang disebut uretra dan meninggalkan tubuh. Proses ini disebut buang air kecil, atau berkemih.

Kanker terjadi ketika sel-sel normal mengalami transformasi di mana mereka tumbuh dan berkembang biak tanpa kontrol normal.

    * Sebagai biak sel, mereka membentuk area sel abnormal. Profesional medis menyebut ini tumor.

    * Seperti sel-sel semakin banyak diproduksi, peningkatan dalam ukuran tumor.

    * Tumor membanjiri jaringan sekitarnya dengan menginvasi ruang mereka dan mengambil oksigen dan nutrisi yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup dan fungsi.

    * Tumor kanker hanya jika mereka ganas. Ini berarti bahwa, karena pertumbuhan tak terkendali mereka, mereka melanggar batas dan menyerang jaringan tetangga.

    * Tumor-tumor ganas juga dapat melakukan perjalanan ke organ-organ jarak jauh melalui aliran darah atau sistem limfatik.

    * Proses menyerang dan menyebar ke organ lain disebut metastasis. Kanker kandung kemih yang paling mungkin untuk menyebar ke organ tetangga dan kelenjar getah bening sebelum menyebar melalui aliran darah ke paru-paru, hati, tulang, atau organ lain.

Dari berbagai jenis sel yang membentuk kandung kemih, sel-sel yang melapisi bagian dalam dinding kandung kemih yang paling mungkin untuk mengembangkan kanker. Salah satu dari tiga jenis sel yang berbeda dapat menjadi kanker. Kanker yang dihasilkan diberi nama setelah jenis sel.

    * Karsinoma urothelial (karsinoma sel transisional): Ini adalah jauh jenis yang paling umum dari kanker kandung kemih di Amerika Serikat. Yang disebut sel transisional adalah sel-sel normal yang membentuk lapisan terdalam dari dinding kandung kemih. Dalam karsinoma sel transisional, sel-sel lapisan normal mengalami perubahan yang mengarah pada karakteristik pertumbuhan sel yang tidak terkendali kanker.

    * Karsinoma sel skuamosa: kanker ini berasal dari, sel-sel tipis datar yang biasanya membentuk sebagai akibat dari peradangan kandung kemih atau iritasi yang telah terjadi selama berbulan-bulan atau tahun.

    * Adenokarsinoma: kanker ini terbentuk dari sel-sel yang membentuk kelenjar. Kelenjar adalah struktur khusus yang memproduksi dan melepaskan cairan seperti lendir.

    * Di Amerika Serikat, karsinoma urothelial account selama lebih dari 90% dari semua kanker kandung kemih. Karsinoma sel skuamosa membentuk 3% -8%, dan adenocarcinoma membentuk 1% -2%.

Hanya sel transisional biasanya garis sisa saluran kemih. Ginjal, ureter (tabung sempit yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih), kandung kemih, dan uretra dilapisi dengan sel-sel ini.

    * Namun, ketiga jenis kanker dapat berkembang di mana saja di saluran kemih.

    * Jika sel-sel abnormal ditemukan di mana saja di saluran kemih, pencarian untuk area lain dari sel abnormal dibenarkan. Sebagai contoh, jika sel-sel kanker ditemukan di dalam kandung kemih, evaluasi ginjal dan ureter sangat penting.

Kanker kandung kemih diklasifikasikan (dipentaskan) oleh seberapa dalam mereka menyerbu ke dinding kandung kemih, yang memiliki beberapa lapisan. Banyak dokter membagi kanker kandung kemih menjadi penyakit yang dangkal dan invasif. Kanker kandung kemih superfisial terbatas pada lapisan paling dalam dari kandung kemih (dikenal sebagai mukosa dan lamina propria). Kanker kandung kemih invasif memiliki setidaknya menembus lapisan otot dinding kandung kemih.

    * Hampir semua adenokarsinoma dan karsinoma sel skuamosa yang invasif. Jadi, pada saat kanker ini terdeteksi, mereka biasanya sudah menginvasi dinding kandung kemih.

    * Banyak karsinoma sel urothelial tidak invasif. Ini berarti bahwa mereka pergi tidak lebih dalam dari lapisan dangkal (mukosa) dari kandung kemih.

Selain stadium (seberapa dalam menembus kanker di dinding kandung kemih), grade dari kanker kandung kemih memberikan informasi penting dan dapat membantu pengobatan panduan. Kelas tumor didasarkan pada tingkat kelainan yang diamati pada evaluasi mikroskopis tumor. Sel dari kanker kelas tinggi memiliki lebih banyak perubahan dalam bentuk dan memiliki tingkat yang lebih besar kelainan bila dilihat secara mikroskopis daripada sel-sel dari tumor tingkat rendah. Informasi ini disediakan oleh patolog, seorang dokter yang terlatih dalam ilmu diagnosa jaringan.

    * Low-grade tumor kurang agresif.

    * High-grade tumor lebih berbahaya dan memiliki kecenderungan untuk menjadi invasif.

Tumor papiler adalah karsinoma urothelial yang tumbuh sempit, jari-seperti proyeksi.

    * Jinak (bukan kanker) tumor papiler (papillomas) tumbuh proyeksi ke bagian berongga dari kandung kemih. Ini dapat dengan mudah dihilangkan, tetapi mereka kadang-kadang tumbuh kembali.

    * Tumor ini sangat bervariasi dalam potensi mereka untuk datang kembali (kambuh). Beberapa jenis jarang kambuh setelah pengobatan; jenis lain sangat mungkin untuk melakukannya.

    * Tumor papiler juga sangat bervariasi dalam potensi mereka untuk menjadi ganas (invasif). Sebagian kecil (15%) melakukan menginvasi dinding kandung kemih. Beberapa tumor papiler invasif tumbuh proyeksi baik ke dinding kandung kemih dan ke bagian berongga dari kandung kemih.

Selain tumor papiler, kanker kandung kemih dapat mengembangkan dalam bentuk sebuah patch, datar merah (eritematosa) pada permukaan mukosa. Hal ini disebut karsinoma in-situ (CIS).

    * Meskipun tumor ini dangkal, mereka adalah bermutu tinggi dan memiliki risiko tinggi untuk menjadi invasif.

Dari semua jenis kanker, kanker kandung kemih memiliki kecenderungan sangat tinggi untuk berulang setelah pengobatan. Kanker kandung kemih memiliki tingkat kekambuhan 50% -80%. Kanker berulang biasanya, tetapi tidak selalu, dari jenis yang sama sebagai kanker (primer) pertama. Ini mungkin di dalam kandung kemih atau di bagian lain dari saluran kemih (ginjal atau ureter).

Kanker kandung kemih paling umum di negara-negara industri. Ini adalah jenis yang paling umum kelima kanker di Amerika Serikat-yang keempat yang paling umum pada pria dan kesembilan pada perempuan.

    * Setiap tahun, sekitar 67.000 kasus baru kanker kandung kemih diharapkan, dan sekitar 13.000 orang akan meninggal akibat penyakit tersebut di AS

    * Kanker kandung kemih mempengaruhi tiga kali lebih banyak laki-laki sebagai perempuan. Wanita, bagaimanapun, sering memiliki tumor lebih maju daripada laki-laki pada saat diagnosis.

    * Kulit putih, baik pria maupun wanita, mengembangkan kanker kandung kemih dua kali lebih sering sebagai kelompok etnis lain. Di Amerika Serikat, Afrika Amerika dan Hispanik memiliki tingkat yang sama dari kanker ini. Harga terendah di Asia.

    * Kanker kandung kemih dapat terjadi pada semua usia, tetapi paling umum pada orang tua dari 50 tahun. Usia rata-rata pada saat diagnosis adalah di 60s. Namun, jelas tampaknya menjadi penyakit penuaan, dengan orang-orang di 80-an dan 90-an mengembangkan kanker kandung kemih juga.

    * Karena tingkat kekambuhan tinggi dan kebutuhan untuk surveilans seumur hidup, kanker kandung kemih merupakan kanker yang paling mahal untuk mengobati pada basis pasien per.

Kanker kandung kemih Penyebab

Kita tidak tahu persis apa yang menyebabkan kanker kandung kemih, namun, sejumlah karsinogen telah diidentifikasi yang menyebabkan potensial, terutama dalam asap rokok. Penelitian berfokus pada kondisi yang mengubah struktur genetik sel, menyebabkan reproduksi sel abnormal. Kita tahu bahwa faktor-faktor berikut meningkatkan risiko seseorang mengembangkan kanker kandung kemih:

    * Merokok: Merokok adalah faktor risiko tunggal terbesar untuk kanker kandung kemih. Perokok memiliki lebih dari dua kali risiko terkena kanker kandung kemih sebagai bukan perokok.

    Eksposur kimia * di tempat kerja: Orang-orang yang sering bekerja dengan bahan kimia tertentu atau industri tertentu memiliki risiko lebih besar terkena kanker kandung kemih daripada populasi umum. Bahan kimia organik yang disebut amina aromatik terutama terkait dengan kanker kandung kemih. Bahan kimia ini digunakan dalam industri pewarna. Industri lain terkait dengan kanker kandung kemih meliputi pengolahan karet dan kulit, tekstil, pewarna rambut, cat, dan pencetakan. Perlindungan tempat kerja yang ketat dapat mencegah banyak paparan yang diyakini menyebabkan kanker.

    * Diet: Orang yang diet termasuk sejumlah besar daging goreng dan lemak hewan dianggap berisiko tinggi kanker kandung kemih.

    * Aristolochia Fangchi: Tanaman ini digunakan dalam beberapa suplemen makanan dan obat herbal Cina. Orang yang mengambil ramuan ini sebagai bagian dari program penurunan berat badan memiliki tingkat lebih tinggi dari kanker kandung kemih dan gagal ginjal daripada populasi umum. Penelitian ilmiah tentang ramuan ini telah menunjukkan bahwa itu mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker pada tikus.

Ini adalah faktor Anda dapat melakukan sesuatu tentang. Anda dapat berhenti merokok, belajar untuk menghindari paparan bahan kimia di tempat kerja, atau mengubah diet Anda. Anda tidak dapat melakukan apa-apa tentang faktor-faktor risiko berikut untuk kanker kandung kemih:

    * Umur: Senior pada resiko tertinggi terkena kanker kandung kemih.

    * Jenis Kelamin: Pria tiga kali lebih mungkin dibandingkan perempuan untuk memiliki kanker kandung kemih.

    * Ras: kulit putih memiliki risiko jauh lebih tinggi dari kanker kandung kemih berkembang daripada ras lain.

    * Riwayat kanker kandung kemih: Jika Anda memiliki kanker kandung kemih di masa lalu, risiko Anda mengembangkan kanker kandung kemih yang lain lebih tinggi daripada jika Anda belum pernah menderita kanker kandung kemih.

    * Peradangan kronis kandung kemih: infeksi kandung kemih sering, batu kandung kemih, dan masalah saluran kemih lainnya yang mengiritasi kandung kemih meningkatkan risiko mengembangkan kanker, karsinoma sel skuamosa lebih umum.

    * Cacat lahir: Beberapa orang dilahirkan dengan cacat terlihat atau tidak terlihat yang menghubungkan kandung kemih dengan organ lain di perut atau daun yang terkena infeksi kandung kemih terus-menerus. Hal ini meningkatkan kerentanan kandung kemih untuk kelainan sel yang dapat menyebabkan kanker.

Kanker kandung kemih Gejala

Gejala yang paling umum dari kanker kandung kemih meliputi:

     * Darah dalam urin (hematuria)

     * Nyeri atau terbakar saat buang air kecil tanpa bukti infeksi saluran kemih

     * Perubahan kebiasaan kandung kemih, seperti sering buang air kecil lebih sering atau merasakan dorongan kuat untuk buang air kecil tanpa banyak memproduksi urin

Gejala-gejala ini tidak spesifik. Ini berarti bahwa gejala ini juga terkait dengan kondisi lain yang tidak ada hubungannya dengan kanker.

     * Setelah gejala ini tidak selalu berarti Anda memiliki kanker kandung kemih.

     * Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, Anda akan melihat penyedia layanan kesehatan Anda segera. Orang yang dapat melihat darah dalam urin mereka, laki-laki terutama yang lebih tua yang merokok, dianggap memiliki kemungkinan yang tinggi terkena kanker kandung kemih sampai dibuktikan sebaliknya.

Darah dalam urin biasanya merupakan tanda peringatan awal kanker kandung kemih.

     * Sayangnya, darah sering terlihat mata. Ini disebut hematuria mikroskopis, dan itu terdeteksi dengan tes urin sederhana.

     * Dalam beberapa kasus, cukup darah dalam urin untuk terasa mengubah warna urin. Urin mungkin memiliki sedikit rona merah muda atau oranye, atau mungkin merah terang dengan atau tanpa gumpalan.

     * Jika Anda perubahan warna urin, Anda perlu untuk melihat penyedia layanan kesehatan Anda.

Kanker kandung kemih sering tidak menyebabkan gejala sampai mencapai sebuah negara maju yang sulit disembuhkan. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang tes skrining jika Anda memiliki faktor risiko untuk kanker kandung kemih. Skrining adalah pengujian untuk kanker pada orang yang tidak pernah memiliki penyakit dan tidak memiliki gejala tetapi yang memiliki satu atau lebih faktor risiko.

Ujian dan Tes

Seperti semua kanker, kanker kandung kemih yang paling mungkin berhasil diobati jika terdeteksi dini, ketika kecil dan tidak menginvasi jaringan sekitarnya. Langkah-langkah berikut dapat meningkatkan peluang untuk menemukan kanker kandung kemih awal:

    * Jika Anda tidak memiliki faktor risiko, memberikan perhatian khusus terhadap gejala kencing atau perubahan dalam kebiasaan kemih Anda. Jika Anda melihat gejala yang berlangsung lebih dari beberapa hari, melihat penyedia layanan kesehatan Anda segera untuk evaluasi.

    * Jika Anda memiliki faktor risiko, berbicara dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang tes skrining, bahkan jika Anda tidak memiliki gejala. Tes ini tidak dilakukan untuk mendiagnosis kanker tetapi untuk mencari kelainan yang menyarankan dini kanker. Jika tes ini menemukan kelainan, mereka harus diikuti oleh yang lain, tes yang lebih spesifik untuk kanker kandung kemih.

    * Skrining Tes: Tes penyaringan biasanya dilakukan secara berkala, misalnya, setahun sekali atau sekali setiap lima tahun. Tes skrining yang paling banyak digunakan adalah wawancara medis, pemeriksaan fisik, urinalisis, sitologi urin, dan cystoscopy.

    * Wawancara Medis: penyedia layanan kesehatan Anda akan mengajukan banyak pertanyaan tentang kondisi medis Anda (masa lalu dan sekarang), obat-obatan, riwayat kerja, dan kebiasaan dan gaya hidup. Dari sini, ia akan mengembangkan gagasan tentang risiko untuk kanker kandung kemih.

    * Pemeriksaan fisik: penyedia layanan kesehatan Anda mungkin memasukkan jari bersarung ke dalam vagina, rektum, atau keduanya untuk merasakan adanya benjolan yang mungkin mengindikasikan suatu tumor atau penyebab lain dari perdarahan.

    * Urinalisis: Tes ini sebenarnya adalah kumpulan tes untuk kelainan pada urin seperti darah, protein, dan gula (glukosa). Setiap temuan yang abnormal harus diselidiki dengan tes yang lebih definitif.

    * Sitologi urin: Sel-sel yang membentuk lapisan kandung kemih secara teratur dalam mengelupaskan dan tersuspensi dalam air seni dan dikeluarkan dari tubuh selama buang air kecil. Dalam tes ini, sampel urin diperiksa dibawah mikroskop untuk mencari sel-sel abnormal yang mungkin menyarankan kanker.

    * Sistoskopi: Ini adalah jenis endoskopi. Sebuah tabung yang sangat sempit dengan cahaya dan kamera di ujung (cystoscope) digunakan untuk memeriksa bagian dalam kandung kemih untuk mencari kelainan seperti tumor. Cystoscope dimasukkan ke dalam kandung kemih melalui uretra. Kamera mengirimkan gambar ke monitor video, yang memungkinkan melihat langsung dari bagian dalam dinding kandung kemih.

Tes ini juga digunakan untuk mendiagnosis kanker kandung kemih pada orang yang mengalami gejala. Tes berikut dapat dilakukan jika dicurigai kanker kandung kemih:

    * CT scan: Hal ini mirip dengan film x-ray tetapi menunjukkan lebih detail. Ini memberikan tampilan tiga dimensi dari kandung kemih, sisa saluran kemih Anda (khususnya ginjal), dan panggul Anda untuk mencari massa dan kelainan lainnya.

    * Pyelography: Ini adalah serangkaian x-ray film dari saluran kemih Anda diambil setelah Anda memiliki cairan khusus disuntikkan ke dalam vena (intravena pyelography [IVP]) atau ke dalam uretra Anda (pyelography retrograde). Pewarna menyoroti organ saluran kemih Anda dan membuat pengakuan kelainan tertentu lebih mudah. Namun, CT scan dengan rekonstruksi tiga dimensi adalah mengganti pyelography di banyak pusat di Amerika Serikat.

    * Biopsi: sampel Tiny dinding kandung kemih dikeluarkan, biasanya selama cystoscopy. Sampel diperiksa oleh seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam penyakit mendiagnosis dengan melihat jaringan dan sel (patologi). Tumor kecil kadang-kadang benar-benar dihapus selama proses biopsi.

    * Tes-tes Urin: tes urine lain mungkin dilakukan untuk mengesampingkan kondisi atau untuk mendapatkan spesifik tentang kelainan urin. Sebagai contoh, kultur urin dapat dilakukan untuk menyingkirkan infeksi. Kehadiran antibodi tertentu dan penanda lain mungkin mengindikasikan kanker. Beberapa dari tes ini dapat membantu dalam mendeteksi kanker berulang sangat awal.

Jika tumor ditemukan di dalam kandung kemih, tes lain mungkin dilakukan, baik pada saat diagnosis atau lambat, untuk menentukan apakah kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.

    * USG: Hal ini mirip dengan teknik yang digunakan untuk melihat janin dalam rahim wanita hamil. Dalam tes yang tidak menyakitkan, sebuah perangkat genggam menjalankan di atas permukaan kulit menggunakan gelombang suara untuk memeriksa kontur kandung kemih dan struktur lainnya dalam panggul. Hal ini dapat menunjukkan ukuran tumor dan dapat menunjukkan jika telah menyebar ke organ lain.

    * Dada x-ray film: Sebuah film x-ray sederhana dari dada kadang-kadang dapat menunjukkan apakah kanker kandung kemih telah menyebar ke paru-paru.

    * CT scan: teknik ini digunakan untuk mendeteksi penyakit metastasis di paru-paru, hati, perut, atau panggul, serta untuk mengevaluasi apakah obstruksi ginjal telah terjadi.

    * Tulang scan: Tes ini melibatkan memiliki sejumlah kecil dari suatu zat radioaktif yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah Anda. Scan tubuh penuh akan menunjukkan daerah di mana kanker mungkin telah mempengaruhi tulang.

Pementasan

Seperti di sebagian besar kanker, kemungkinan pemulihan yang ditentukan oleh tahap penyakit. Tahap mengacu pada ukuran kanker dan sejauh mana telah menginvasi dinding kandung kemih dan menyebar ke bagian lain dari tubuh. Pementasan ini didasarkan pada studi pencitraan (seperti CT scan, x-ray, atau USG) dan hasil biopsi. Setiap tahap memiliki pilihan pengobatan sendiri dan kesempatan untuk menyembuhkan. Selain itu, sama pentingnya adalah kelas dari kanker kandung kemih. High-grade tumor secara signifikan lebih agresif dan mengancam nyawa dari tumor tingkat rendah.

    * Tahap CIS: Kanker yang datar dan terbatas pada lapisan terdalam kandung kemih; CIS adalah kelas tinggi

    * Tahap Ta: Kanker yang terbatas pada lapisan mukosa yang paling dangkal (lapisan terdalam) dari kandung kemih

    * Tahap T1: Kanker yang telah menembus luar lapisan mukosa ke jaringan submukosa (lamina propria)

    * Tahap T2: Kanker yang telah menginvasi bagian jalan melalui ketebalan dinding otot kandung kemih

    * Tahap T3: Kanker yang telah menyerang semua jalan melalui ketebalan dinding kandung kemih otot dan ke sekitar lemak

    * Tahap T4: Kanker yang telah menginvasi struktur yang berdekatan, seperti prostat, rahim, atau vagina, tetapi tidak ke kelenjar getah bening di daerah

    * Tahap T1-4N1-2M1-2: Kanker yang telah menyebar ke dinding perut atau panggul luar, ke kelenjar getah bening, atau organ jauh seperti hati, paru-paru, atau tulang

Kanker kandung kemih Pengobatan

Meskipun perawatan medis yang cukup standar, dokter yang berbeda memiliki filosofi yang berbeda dan praktek dalam merawat pasien mereka.

    * Anda mungkin ingin berbicara dengan lebih dari satu urolog untuk menemukan satu dengan siapa Anda merasa paling nyaman. Pengalaman klinis dalam mengobati kanker kandung kemih adalah yang paling penting.

    * Bicara kepada anggota keluarga, teman, dan penyedia layanan kesehatan Anda untuk mendapatkan referal. Banyak komunitas, masyarakat medis, dan pusat kanker menawarkan layanan telepon atau internet rujukan.

Setelah Anda memilih seorang urolog untuk mengobati kanker Anda, Anda akan memiliki banyak kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan mendiskusikan perawatan yang tersedia untuk Anda.

    * Dokter Anda akan menjelaskan setiap jenis pengobatan, memberikan pro dan kontra, dan membuat rekomendasi berdasarkan pedoman pengobatan yang diterbitkan dan pengalaman nya sendiri.

    * Pengobatan untuk kanker kandung kemih tergantung pada jenis kanker dan panggung. Faktor-faktor seperti usia Anda, kesehatan Anda secara keseluruhan, dan apakah Anda telah dirawat karena kanker sebelum termasuk dalam proses pengambilan keputusan pengobatan.

    * Keputusan yang pengobatan untuk mengejar adalah dibuat dengan dokter Anda (dengan masukan dari anggota lain dari tim perawatan Anda) dan anggota keluarga Anda, tetapi keputusan ada pada Anda.

    * Pastikan Anda memahami apa yang akan dilakukan dan mengapa, dan apa yang dapat Anda harapkan dari pilihan Anda. Dengan kanker kandung kemih, pemahaman efek samping pengobatan sangat penting.

Seperti semua kanker, kanker kandung kemih adalah yang paling mungkin untuk disembuhkan jika didiagnosis dini dan diobati segera.

    * Terapi yang paling banyak digunakan adalah operasi, terapi radiasi, dan kemoterapi, baik sendiri atau dalam kombinasi.

    * Imunoterapi atau terapi biologis, yang mengambil keuntungan dari kemampuan bawaan tubuh melawan kanker, digunakan dalam beberapa kasus, terutama untuk pasien dengan tahap Ta, T1, dan CIS.

    * Rencana pengobatan Anda akan individual untuk situasi khusus Anda.

Tim perawatan Anda juga akan mencakup satu atau lebih perawat, ahli gizi, pekerja sosial, dan profesional lain yang diperlukan.

Pengobatan

Terapi standar untuk kanker kandung kemih termasuk operasi, terapi radiasi, kemoterapi, dan imunoterapi atau terapi biologis.

    * Pembedahan dan terapi radiasi terapi lokal. Ini berarti bahwa mereka menyingkirkan sel-sel kanker hanya di daerah yang dirawat.

    * Kemoterapi adalah terapi sistemik. Ini berarti bahwa hal itu dapat membunuh sel kanker hampir di mana saja dalam tubuh.

    * Untuk informasi lebih lanjut, lihat bagian Bedah.

Terapi Radiasi

Radiasi sinar energi tinggi yang membunuh sel-sel kanker dan sel normal di jalan. Radiasi dapat diberikan untuk usaha kecil otot-invasif kanker kandung kemih. Hal ini biasanya digunakan sebagai pendekatan alternatif untuk operasi. Salah satu dari dua jenis radiasi dapat digunakan. Namun, untuk keberhasilan terapi terbesar, harus diberikan bersamaan dengan kemoterapi:

    * Radiasi eksternal yang dihasilkan oleh mesin di luar tubuh. Mesin target terkonsentrasi sinar radiasi langsung di tumor. Bentuk terapi biasanya tersebar di terapi jangka pendek diberikan lima hari seminggu selama lima sampai tujuh minggu. Menyebar keluar dengan cara ini membantu melindungi jaringan sehat di sekitarnya dengan menurunkan dosis setiap perlakuan. Radiasi eksternal diberikan di rumah sakit atau pusat medis. Anda datang ke pusat setiap hari sebagai pasien rawat jalan untuk menerima terapi radiasi Anda.

    * Radiasi internal diberikan dengan menempatkan pelet kecil bahan radioaktif di dalam kandung kemih. Pelet dapat dimasukkan melalui uretra atau dengan membuat sayatan kecil di dinding perut bagian bawah. Anda harus tinggal di rumah sakit selama seluruh perawatan, yang berlangsung beberapa hari. Kunjungan oleh keluarga dan teman-teman dibatasi untuk melindungi mereka dari efek radiasi. Ketika pengobatan dilakukan, pelet dihapus dan Anda diperbolehkan untuk pulang. Bentuk radiasi ini jarang digunakan untuk kanker kandung kemih di Amerika Serikat.

Sayangnya, radiasi mempengaruhi tidak hanya sel-sel kanker tetapi juga setiap jaringan sehat yang disentuhnya. Dengan radiasi eksternal, jaringan atasnya sehat atau berdekatan dengan tumor dapat rusak. Efek samping radiasi tergantung dosis dan bagian tubuh mana radiasi yang ditargetkan.

    * Luas kulit Anda di mana radiasi melewati dapat menjadi memerah, perih, kering, atau gatal. Efeknya tidak seperti sengatan matahari. Meskipun efek ini dapat berat, mereka biasanya tidak permanen. Kulit di daerah ini dapat menjadi lebih gelap secara permanen, namun. Organ, tulang, dan jaringan lainnya juga dapat rusak. Radiasi internal dikembangkan untuk menghindari komplikasi.

    * Anda mungkin merasa sangat lelah selama terapi radiasi.

    * Radiasi ke panggul, seperti yang diperlukan untuk kanker kandung kemih, dapat mempengaruhi produksi sel darah di sumsum tulang. Efek umum termasuk kelelahan ekstrim, peningkatan kerentanan terhadap infeksi, dan mudah memar atau pendarahan.

    * Radiasi pelvis juga dapat menyebabkan mual, diare, masalah kencing, dan masalah seksual seperti kekeringan vagina pada wanita dan impotensi pada pria.

Kemoterapi

Kemoterapi adalah penggunaan obat kuat untuk membunuh kanker. Pada kanker kandung kemih, kemoterapi dapat diberikan sendiri atau dengan pembedahan atau terapi radiasi atau keduanya. Ini dapat diberikan sebelum atau setelah terapi lain. Kemoterapi biasanya dapat diberikan di kantor onkologi, tapi itu mungkin memerlukan tinggal di rumah sakit.

    * Tahapan Ta, T1, dan kanker kandung kemih CIS dapat diobati dengan kemoterapi intravesical. Setelah pengangkatan tumor, satu atau lebih obat cair yang dimasukkan ke dalam kandung kemih melalui tabung tipis plastik yang disebut kateter. Obat-obatan tetap dalam kandung kemih selama beberapa jam dan kemudian dikeringkan, umumnya dengan buang air kecil. Perawatan ini biasanya diulang sekali seminggu selama beberapa minggu.

    * Kanker yang telah menginvasi mendalam ke dalam kandung kemih, kelenjar getah bening, atau organ lain memerlukan kemoterapi sistemik atau intravena. Kanker melawan obat disuntikkan ke dalam aliran darah melalui pembuluh darah. Dengan cara ini, obat-obatan masuk ke hampir setiap bagian dari tubuh dan, idealnya, membunuh sel kanker dimanapun mereka berada.

Kemoterapi terkenal karena efek samping yang tidak. Efek samping tergantung pada obat-obat yang Anda terima dan bagaimana obat diberikan.

    * Tingkat keparahan efek samping bervariasi oleh orang. Untuk alasan yang tidak diketahui, beberapa orang mentolerir kemoterapi jauh lebih baik daripada yang lain.

    * Beberapa efek samping yang paling umum dari kemoterapi sistemik termasuk mual dan muntah, kehilangan nafsu makan, rambut rontok, luka di bagian dalam mulut atau di saluran pencernaan, merasa lelah atau kurang energi (karena anemia, yaitu, rendah jumlah sel darah merah), peningkatan kerentanan terhadap infeksi (karena jumlah sel darah putih yang rendah), dan mudah memar atau perdarahan (karena trombosit rendah). Tanyakan onkologi Anda tentang efek khusus yang harus Anda harapkan.

    * Efek samping hampir selalu bersifat sementara dan pergi ketika kemoterapi selesai.

    * Beberapa studi telah menunjukkan bahwa kemoterapi intravesical efektif dalam menurunkan tingkat kekambuhan kanker kandung kemih superfisial pada basis jangka pendek.

    * Kemoterapi intravesical, seperti Mitomycin C, sering diberikan sebagai dosis tunggal dalam kandung kemih segera setelah tumor telah dihapus dengan cystoscopy.

    * Kemoterapi intravesical dapat mengiritasi kandung kemih atau ginjal.

    * Kemoterapi intravesical tidak efektif melawan kanker kandung kemih yang telah merambah ke otot dinding kandung kemih atau telah menyebar ke kelenjar getah bening atau organ lainnya.

Imunoterapi atau Terapi Biologi

Terapi biologi mengambil keuntungan dari kemampuan alami tubuh untuk melawan kanker.

    * Sistem Anda kekebalan bentuk zat dalam darah yang bekerja melawan "penjajah", seperti sel-sel abnormal (yaitu, sel-sel kanker).

    * Kadang-kadang, sistem kekebalan tubuh menjadi kewalahan oleh sel-sel kanker sangat agresif.

    * Terapi biologi, atau imunoterapi, membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam memerangi kanker.

    * Terapi biologi biasanya hanya diberikan dalam tahap Ta, T1, dan kanker kandung kemih CIS.

    * Satu imunoterapi atau terapi banyak digunakan biologis dalam kanker kandung kemih adalah intravesical BCG pengobatan.

    * Sebuah cairan yang mengandung BCG, vaksin dilemahkan (Mycobacterium diubah), diperkenalkan ke dalam kandung kemih melalui kateter tipis yang telah melewati uretra.

    * The Mycobacterium dalam cairan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghasilkan zat melawan kanker.

    * Solusinya adalah diadakan di kandung kemih selama beberapa jam, kemudian dikeringkan. Pengobatan ini diulang setiap minggu selama enam minggu dan diulangi pada berbagai waktu selama beberapa bulan atau bahkan lebih lama dalam beberapa kasus. Para peneliti masih bekerja untuk menentukan panjang terbaik waktu untuk perawatan ini. Seiring waktu, pengobatan mungkin diperlukan secara kurang sering.

    * BCG dapat mengiritasi kandung kemih dan menyebabkan pendarahan kecil di dalam kandung kemih. Perdarahan biasanya terlihat dalam urin. Anda mungkin merasa perlu untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya atau rasa sakit atau terbakar ketika buang air kecil. Efek samping lainnya termasuk mual, demam, dan menggigil. Ini disebabkan oleh stimulasi sistem kekebalan tubuh. Efek ini hampir selalu bersifat sementara.

Operasi

Pembedahan adalah jauh pengobatan yang paling banyak digunakan untuk kanker kandung kemih. Hal ini digunakan untuk semua jenis dan tahap kanker kandung kemih. Beberapa jenis operasi yang digunakan. Jenis yang digunakan dalam situasi apa pun tergantung pada stadium tumor. Banyak prosedur bedah yang tersedia saat ini yang belum mendapatkan penerimaan luas. Mereka bisa sulit untuk melakukan, dan hasil yang baik yang terbaik dicapai oleh mereka yang melakukan banyak operasi ini per tahun. Jenis operasi adalah sebagai berikut:

    * Reseksi Transurethral dengan fulguration: Dalam operasi ini, instrumen (resectoscope) dimasukkan melalui uretra dan masuk ke kandung kemih. Sebuah loop kawat kecil di ujung instrumen kemudian menghilangkan tumor dengan memotong atau membakar dengan arus listrik (fulguration). Hal ini biasanya dilakukan untuk diagnosis awal kanker kandung kemih dan untuk pengobatan tahap Ta dan T1 kanker. Seringkali, setelah reseksi transurethral, ??pengobatan tambahan diberikan (misalnya, terapi intravesical) untuk membantu mengobati kanker kandung kemih.

    * Kistektomi radikal: Dalam operasi ini, kandung kemih seluruh dihapus, serta kelenjar getah bening di sekitarnya dan struktur lain yang mungkin mengandung kanker. Hal ini biasanya dilakukan untuk kanker yang memiliki setidaknya menginvasi ke dalam lapisan otot dinding kandung kemih atau untuk kanker lebih dangkal yang memperpanjang lebih banyak dari kandung kemih atau yang gagal untuk merespon pengobatan yang lebih konservatif. Kadang-kadang, kandung kemih akan dihapus untuk meringankan gejala kencing yang parah.

    * Kistektomi Segmental atau partial: Dalam operasi ini, bagian dari kandung kemih dihapus. Hal ini biasanya dilakukan untuk soliter tingkat rendah tumor yang telah menginvasi dinding kandung kemih tetapi terbatas pada area kecil dari kandung kemih.

Seperti namanya, kistektomi radikal adalah operasi besar. Tidak hanya seluruh kandung kemih, tetapi juga struktur lainnya dihapus.

    * Pada pria, prostat dan vesikula seminalis (tabung kecil yang membawa semen dari prostat ke penis) dihapus. Operasi ini menghentikan produksi air mani dan dapat mempengaruhi fungsi seksual Anda. Namun, saraf-sparing teknik bisa meluangkan fungsi ereksi pada beberapa pria setelah operasi.

    * Pada wanita, rahim (uterus), ovarium, dan bagian dari vagina dihapus. Ini secara permanen berhenti menstruasi, dan Anda tidak bisa lagi hamil. Operasi juga dapat mengganggu fungsi seksual dan saluran kencing.

    * Penghapusan kandung kemih rumit karena memerlukan penciptaan jalur baru untuk urin untuk meninggalkan tubuh. Ini disebut diversi urin. Beberapa orang memakai kantong di luar tubuh mereka untuk mengumpulkan urin. Lain memiliki kantong kecil dibuat di dalam tubuh untuk mengumpulkan urin. Kantong biasanya dibuat oleh seorang ahli bedah dari sepotong kecil usus. Kebanyakan pasien (baik laki-laki dan perempuan) adalah kandidat untuk rekonstruksi benua saluran kemih sehingga kehendak (sukarela) berkemih dapat dipulihkan.

    * Bedah dan ahli onkologi medis bekerja sama untuk menemukan cara untuk menghindari kistektomi radikal. Kombinasi kemoterapi dan terapi radiasi dapat memungkinkan beberapa pasien untuk melestarikan kandung kemih mereka, namun, toksisitas terapi yang signifikan, dengan banyak pasien yang membutuhkan pembedahan untuk mengangkat kandung kemih di kemudian hari.

Jika Anda merekomendasikan operasi urolog sebagai pengobatan untuk kanker kandung kemih Anda, pastikan Anda memahami jenis operasi yang akan Anda miliki dan apa efek operasi akan memiliki pada kehidupan Anda.

Bahkan jika ahli bedah percaya bahwa seluruh kanker diangkat dengan operasi, banyak orang yang menjalani operasi untuk kanker kandung kemih menerima kemoterapi setelah operasi. Ini "adjuvant" kemoterapi dirancang untuk membunuh sel-sel kanker yang tersisa setelah operasi dan meningkatkan kesempatan untuk sembuh.

Beberapa pasien mungkin menerima kemoterapi sebelum kistektomi radikal. Ini disebut "neoadjuvant" kemoterapi dan dapat direkomendasikan oleh dokter bedah dan onkologi. Neoadjuvant kemoterapi dapat membunuh sel-sel kanker mikroskopis yang mungkin telah menyebar ke bagian lain dari tubuh dan juga dapat mengecilkan tumor di kandung kemih Anda sebelum operasi.

    * Jika sudah memutuskan bahwa Anda membutuhkan kemoterapi dalam hubungannya dengan kistektomi radikal Anda, keputusan untuk memilih kemoterapi neoadjuvant atau ajuvan akan dibuat bersama-sama berdasarkan kasus per kasus oleh pasien, onkologi medis, onkologi urologi dan.

Terapi lain

Kanker kandung kemih memiliki tingkat kekambuhan yang relatif tinggi. Para peneliti sedang mencoba untuk menemukan cara-cara untuk mencegah kekambuhan. Salah satu strategi yang telah diuji secara luas adalah chemoprevention.

     * Idenya adalah untuk menggunakan agen yang aman dan memiliki sedikit, jika ada, efek samping tetapi aktif dalam mengubah lingkungan kandung kemih jadi kanker lain tidak dapat mengembangkan begitu mudah di sana.

     * Para agen yang paling banyak diuji sebagai chemopreventives adalah vitamin dan obat-obatan relatif aman tertentu.

     * Agen Belum ada terbukti untuk bekerja dalam skala besar dalam mencegah kambuhnya kanker kandung kemih.

Lain pengobatan untuk kanker kandung kemih yang masih dalam studi disebut terapi photodynamic. Perawatan ini menggunakan jenis khusus sinar laser untuk menghancurkan tumor.

     * Untuk beberapa hari sebelum perawatan, Anda diberi zat yang peka sel tumor untuk cahaya ini. Substansi yang ditanamkan ke dalam aliran darah Anda melalui pembuluh darah. Kemudian perjalanan ke kandung kemih dan mengumpulkan dalam tumor.

     * Cahaya kemudian ditujukan pada tumor dan menghancurkan sel tumor.

     * Keuntungan dari pengobatan ini adalah bahwa ia hanya membunuh sel tumor, bukan jaringan sehat sekitarnya. Kerugiannya adalah bahwa ia bekerja hanya untuk tumor yang belum menginvasi mendalam ke dalam dinding kandung kemih atau ke organ lain. Pengobatan ini tidak tersedia di sebagian besar pusat di Amerika Serikat dan tidak banyak digunakan.

1 komentar:

  1. Bagaimana mengobati kencing nanah tanpa obat?

    Mengobati kencing nanah tanpa obat mungkin sangat kecil kemungkinan yang bisa dilakukan dengan cara ini. Karena jika anda menderita penyakit maka anda harus melakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter yang tentunya akan diberikan obat yang sesuai dengan penyebabnya.
    Apa yang anda rasakan jika anda terkena atau terinfeksi penyakit menular seksual ini?

    1. Stress, Malu, Takut di Kucilkan
    2. Putus asa
    3. Malu untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter

    "Jika anda merasakan gejala atau tanda2 kencing nanah, jangan merasa malu untuk melakukan pemeriksaan. segera lakukan pengobatan secepat mungkin untuk membantu anda agar terhindar dari infeksi penyakit lain yang dapat di timbulkan dari penyakit kencing nanah."
    Silahkan konsultasikan keluhan yang anda rasakan pada kami. Klinik apollo merupakan salah satu klinik sepesialis kulit dan klamin terbaik di jakata. Ditunjang tekhnologi modern serta dokter yang sudah berpengalaman dibidangnya, kami dapat membantu memberikan solusi untuk keluhan penyakit kelamin yang anda rasakan.

    Kunjungi halaman facebook kami di : Klinik Spesialis Kelamin Apollo

    Kulup panjang | Kulup bermasalah tidak usah mau sunat

    Ejakulasi dini bisa sembuh | Sunat dewasa di klinik apollo

    Chat | Klini chat

    BalasHapus