Minggu, 21 Agustus 2011

Kanker Otak

Fakta Kanker Otak

     * Kanker otak dapat timbul dari berbagai jenis sel-sel otak (kanker otak primer) atau terjadi ketika sel kanker dari bagian lain dari penyebaran tubuh (metastasis) ke otak.


     * Penyebab kanker otak sulit untuk membuktikan; senyawa menghindari terkait dengan produksi kanker disarankan.


     * Gejala kanker otak bervariasi namun biasanya termasuk kelemahan, kesulitan berjalan, kejang, dan sakit kepala. Gejala umum lainnya adalah mual, muntah, pandangan kabur, atau perubahan kewaspadaan seseorang, kapasitas mental, memori, pidato, atau kepribadian.


     * Tes untuk kanker otak melibatkan sejarah, pemeriksaan fisik, dan biasanya scan CT atau MRI otak, kadang-kadang biopsi jaringan otak dilakukan.


     * Perawatan biasanya diarahkan oleh tim dokter dan dirancang untuk setiap pasien; pengobatan dapat mencakup operasi, radioterapi, atau kemoterapi, sering dalam kombinasi.


     * Efek samping dari pengobatan berkisar dari ringan sampai parah, dan pasien harus mendiskusikan rencana dengan anggota tim mereka pengobatan untuk memahami dengan jelas efek samping potensial dan prognosis mereka (hasil).


     * Tergantung pada jenis kanker otak dan status kesehatan secara keseluruhan pasien, kanker otak sering memiliki hanya adil untuk prognosis yang buruk, anak-anak memiliki prognosis yang agak lebih baik.

Apa itu kanker otak?

Kanker otak adalah penyakit otak di mana sel-sel kanker (ganas) muncul di jaringan otak. Sel-sel kanker tumbuh membentuk suatu massa dari jaringan kanker (tumor) yang mengganggu dengan fungsi otak seperti kontrol otot, sensasi, memori, dan fungsi tubuh yang normal. Tumor terdiri dari sel-sel kanker disebut tumor ganas, dan mereka terdiri dari sel-sel terutama bukan kanker disebut tumor jinak. Sel kanker yang berkembang dari jaringan otak disebut tumor otak primer sedangkan tumor yang menyebar dari situs tubuh lainnya ke otak disebut tumor otak metastasis. Statistik menunjukkan bahwa kanker otak terjadi jarang dan kemungkinan untuk mengembangkan sekitar 22.000 orang baru per tahun dengan sekitar 13.000 kematian seperti yang diperkirakan oleh National Cancer Institute (NCI).

Tidak semua tumor otak yang sama, bahkan jika mereka muncul dari jenis yang sama dari jaringan otak. Tumor ditugaskan nilai tergantung pada bagaimana sel-sel dalam tumor muncul mikroskopis. Kelas ini juga menyediakan wawasan untuk menilai pertumbuhan sel. NCI daftar nilai berikut:

    * Grade I: jaringan tersebut jinak. Sel terlihat hampir seperti sel otak normal, dan mereka tumbuh perlahan.


    * Grade II: jaringan tersebut ganas. Sel-sel terlalu terlihat seperti sel normal daripada sel-sel dalam tumor saya kelas.


    * Tingkat III: jaringan ganas memiliki sel-sel yang terlihat sangat berbeda dari sel normal. Sel-sel abnormal tumbuh aktif dan memiliki penampilan yang jelas tidak normal (anaplastik).


    * Kelas IV: jaringan ganas memiliki sel yang terlihat paling abnormal dan cenderung tumbuh dengan cepat.

Tumor otak primer yang paling umum biasanya nama untuk jenis jaringan otak dari mana mereka awalnya dikembangkan. Ini adalah glioma, meningioma, adenoma hipofisis, schwannomas vestibular, dan tumor neuroectodermal primitif (medulloblastomas). Glioma memiliki beberapa subtipe yang meliputi astrocytomas, oligodendrogliomas, ependymomas, dan koroid pleksus papiloma. Ketika nilai yang digabungkan dengan nama tumor, dokter memberikan pemahaman yang lebih baik tentang keparahan kanker otak. Misalnya, kelas III (anaplastik) glioma adalah tumor agresif, sementara neuroma akustik merupakan tumor jinak kelas saya. Namun, bahkan tumor jinak dapat menyebabkan masalah serius jika mereka tumbuh cukup besar untuk menyebabkan peningkatan tekanan intrakranial atau menghalangi struktur vaskular atau aliran cairan serebrospinal.

Kanker otak yang dipentaskan (tahap menggambarkan sejauh mana kanker) sesuai dengan jenis sel mereka dan kelas karena mereka jarang menyebar ke organ lain, sementara kanker lain, seperti payudara atau kanker paru-paru, yang dipentaskan sesuai dengan apa yang disebut pementasan TMN yang berdasarkan lokasi dan penyebaran sel kanker. Secara umum, tahap ini kanker berkisar dari 0 sampai 4, dengan stadium 4 menunjukkan kanker telah menyebar ke organ lain (tahap tertinggi).

Apakah kanker otak metastatik?

Sel kanker yang berkembang pada organ tubuh seperti paru-paru (kanker jenis jaringan primer) dapat menyebar melalui aliran darah atau sistem getah bening ke organ tubuh lain seperti otak. Tumor dibentuk oleh sel-sel kanker seperti yang menyebar (bermetastasis) ke organ lain disebut metastasis tumor. Kanker otak metastatik adalah massa sel (tumor) yang berasal dari organ lain tubuh dan telah menyebar ke jaringan otak. Tumor metastasis di otak lebih sering terjadi dibandingkan tumor otak primer. Mereka biasanya bernama setelah jaringan atau organ mana kanker pertama dikembangkan (misalnya, paru-paru metastasis kanker payudara atau tumor di otak, yang merupakan jenis yang paling umum ditemukan). Kadang-kadang, nama disingkat dapat digunakan yang sering membingungkan orang, misalnya, "sel kanker otak kecil" sebenarnya berarti "sel kanker paru-paru kecil yang telah menjalar ke otak." Orang tidak perlu ragu untuk meminta dokter mereka tentang syarat-syarat mereka tidak mengerti.

Apa penyebab kanker otak?

Tumor otak primer berasal dari banyak jenis jaringan otak (misalnya, sel glial, astrosit, dan jenis sel otak lain). Metastatik kanker otak disebabkan oleh penyebaran sel kanker dari organ tubuh ke otak. Namun, penyebab perubahan dari sel normal menjadi sel kanker dalam tumor otak metastatik baik dan utama tidak sepenuhnya dipahami. Data yang dikumpulkan oleh para ilmuwan penelitian menunjukkan bahwa orang dengan faktor risiko tertentu lebih mungkin mengembangkan kanker otak.

Individu dengan faktor risiko, seperti memiliki pekerjaan di kilang minyak, penangan bahan bakar jet atau bahan kimia seperti benzena, kimia, pembalsem, atau karet-pekerja industri, menunjukkan tingkat yang lebih tinggi dari kanker otak daripada populasi umum. Beberapa keluarga memiliki beberapa anggota dengan kanker otak, namun faktor keturunan sebagai penyebab tumor otak belum terbukti. Faktor risiko lain seperti merokok, paparan radiasi, dan infeksi virus (HIV) telah diusulkan namun tidak terbukti menyebabkan kanker otak. Tidak ada bukti yang baik bahwa kanker otak menular, disebabkan oleh trauma kepala, atau disebabkan oleh penggunaan ponsel. Meskipun banyak berbaring tekan dan artikel web mengklaim bahwa aspartam (pemanis buatan) menyebabkan kanker otak, FDA berpendapat bahwa hal itu tidak menyebabkan kanker otak dan dasar temuan mereka di lebih dari 100 studi toksikologi dan klinis tentang keamanan pemanis ini.


Apa saja gejala dan tanda-tanda kanker otak?

Meskipun ada beberapa tanda-tanda awal, gejala yang paling umum kanker otak adalah kelemahan kesulitan berjalan, kejang, dan sakit kepala. Gejala umum lainnya adalah mual, muntah, pandangan kabur, atau perubahan kewaspadaan seseorang, kapasitas mental, memori, pidato, atau kepribadian. Gejala ini juga dapat terjadi pada orang yang tidak memiliki kanker otak, dan tidak satupun dari gejala ini sendiri atau dalam kombinasi dapat memprediksi bahwa seseorang memiliki kanker otak. Kanker dapat terjadi di bagian manapun dari otak (misalnya, oksipital, frontal, parietal, atau lobus temporal, batang otak, atau membran meningeal). Sebuah beberapa kanker otak dapat menghasilkan sedikit atau tanpa gejala (misalnya, beberapa tumor kelenjar pituitari meningeal dan).

Tes apa yang digunakan untuk mendiagnosa kanker otak?

Tes awal adalah wawancara yang meliputi riwayat medis dan pemeriksaan fisik dari orang yang oleh penyedia perawatan kesehatan. Hasil dari interaksi ini akan menentukan apakah tes khusus lain yang perlu dilakukan.

Tes yang paling sering digunakan untuk mendeteksi kanker otak adalah CT scan (computerized tomography). Tes ini menyerupai serangkaian X-ray dan tidak menyakitkan, meskipun kadang-kadang pewarna perlu disuntikkan ke pembuluh darah untuk gambar yang lebih baik dari beberapa struktur otak internal. Tes lain yang mendapatkan popularitas karena sensitivitas tinggi untuk mendeteksi perubahan anatomi pada otak MRI (magnetic resonance imaging). Tes ini juga menyerupai serangkaian X-ray dan menunjukkan secara rinci struktur otak lebih baik daripada CT. MRI tidak tersedia secara luas sebagai CT scan. Jika tes menunjukkan bukti (tumor atau kelainan pada jaringan otak) dari kanker otak, maka dokter lain seperti ahli bedah saraf dan ahli saraf yang mengkhususkan diri dalam mengobati penyakit otak akan berkonsultasi untuk membantu menentukan apa yang harus dilakukan untuk mengobati pasien. Kadang-kadang, sampel jaringan (biopsi) dapat diperoleh dengan operasi atau pemasangan jarum untuk membantu menentukan diagnosis. Tes lain (jumlah sel darah putih, elektrolit, atau pemeriksaan cairan serebrospinal untuk mendeteksi sel abnormal atau peningkatan tekanan intrakranial) dapat diperintahkan oleh praktisi kesehatan untuk membantu menentukan negara pasien kesehatan atau untuk mendeteksi masalah kesehatan lainnya.

Apa saja gejala dan tanda-tanda kanker otak?

Meskipun ada beberapa tanda-tanda awal, gejala yang paling umum kanker otak adalah kelemahan kesulitan berjalan, kejang, dan sakit kepala. Gejala umum lainnya adalah mual, muntah, pandangan kabur, atau perubahan kewaspadaan seseorang, kapasitas mental, memori, pidato, atau kepribadian. Gejala ini juga dapat terjadi pada orang yang tidak memiliki kanker otak, dan tidak satupun dari gejala ini sendiri atau dalam kombinasi dapat memprediksi bahwa seseorang memiliki kanker otak. Kanker dapat terjadi di bagian manapun dari otak (misalnya, oksipital, frontal, parietal, atau lobus temporal, batang otak, atau membran meningeal). Sebuah beberapa kanker otak dapat menghasilkan sedikit atau tanpa gejala (misalnya, beberapa tumor kelenjar pituitari meningeal dan).

Tes apa yang digunakan untuk mendiagnosa kanker otak?

Tes awal adalah wawancara yang meliputi riwayat medis dan pemeriksaan fisik dari orang yang oleh penyedia perawatan kesehatan. Hasil dari interaksi ini akan menentukan apakah tes khusus lain yang perlu dilakukan.

Tes yang paling sering digunakan untuk mendeteksi kanker otak adalah CT scan (computerized tomography). Tes ini menyerupai serangkaian X-ray dan tidak menyakitkan, meskipun kadang-kadang pewarna perlu disuntikkan ke pembuluh darah untuk gambar yang lebih baik dari beberapa struktur otak internal. Tes lain yang mendapatkan popularitas karena sensitivitas tinggi untuk mendeteksi perubahan anatomi pada otak MRI (magnetic resonance imaging). Tes ini juga menyerupai serangkaian X-ray dan menunjukkan secara rinci struktur otak lebih baik daripada CT. MRI tidak tersedia secara luas sebagai CT scan. Jika tes menunjukkan bukti (tumor atau kelainan pada jaringan otak) dari kanker otak, maka dokter lain seperti ahli bedah saraf dan ahli saraf yang mengkhususkan diri dalam mengobati penyakit otak akan berkonsultasi untuk membantu menentukan apa yang harus dilakukan untuk mengobati pasien. Kadang-kadang, sampel jaringan (biopsi) dapat diperoleh dengan operasi atau pemasangan jarum untuk membantu menentukan diagnosis. Tes lain (jumlah sel darah putih, elektrolit, atau pemeriksaan cairan serebrospinal untuk mendeteksi sel abnormal atau peningkatan tekanan intrakranial) dapat diperintahkan oleh praktisi kesehatan untuk membantu menentukan negara pasien kesehatan atau untuk mendeteksi masalah kesehatan lainnya.


Apa pengobatan untuk kanker otak?

Sebuah rencana perawatan individual untuk setiap pasien kanker otak. Rencana pengobatan yang dibangun oleh dokter spesialis kanker otak, dan pengobatan sangat bervariasi tergantung pada jenis kanker, otak lokasi, ukuran tumor, usia pasien, dan status kesehatan umum pasien. Sebagian besar dari rencana juga ditentukan oleh keinginan pasien. Pasien harus membahas pilihan pengobatan dengan perawatan kesehatan mereka penyedia.

Pembedahan, terapi radiasi, dan kemoterapi adalah pengobatan utama untuk kategori kanker otak yang paling. Rencana perawatan individu sering termasuk kombinasi dari perawatan ini. Terapi bedah mencoba untuk menghapus semua sel tumor dengan memotong tumor dari jaringan otak normal. Operasi ini sering disebut operasi invasif untuk membedakannya dari radiosurgery noninvasif atau terapi radiasi dijelaskan di bawah ini.

Terapi radiasi upaya untuk menghancurkan sel tumor dengan menggunakan radiasi energi tinggi difokuskan ke tumor untuk menghancurkan kemampuan sel tumor untuk fungsi dan meniru. Radiosurgery adalah prosedur non-bedah yang memberikan dosis tinggi tunggal radiasi tepat sasaran sangat terfokus menggunakan gamma-ray atau X-ray balok yang berkumpul di daerah tertentu atau daerah otak mana tumor atau kelainan lainnya terletak, meminimalkan jumlah radiasi pada jaringan otak yang sehat. Peralatan yang digunakan untuk melakukan radiosurgery bervariasi dalam sumber radiasi; pisau gamma menggunakan sinar gamma terfokus, dan akselerator linier menggunakan foton, sedangkan berat bermuatan partikel radiosurgery menggunakan sinar proton.

Kemoterapi upaya untuk menghancurkan sel-sel tumor menggunakan bahan kimia (obat) yang dirancang untuk menghancurkan sel jenis tertentu kanker. Ada bahan kimia yang digunakan; terapi obat tertentu banyak, dan rejimen masing-masing biasanya dirancang untuk jenis tertentu kanker otak dan individual untuk setiap pasien. Misalnya, bevacizumab (Avastin) adalah obat yang disetujui untuk pengobatan glioblastomas. Kemoterapi dapat diberikan intrathecal (oleh reservoir permanen operasi ditempatkan di otak), dengan pungsi lumbal, dengan pemberian IV, dan polimer kimia diresapi biodegradable. Semua perawatan upaya untuk cadangan sel-sel otak normal.

Pilihan pengobatan lain mungkin termasuk hipertermia (perlakuan panas), imunoterapi (sel kekebalan diarahkan untuk membunuh sel kanker jenis tertentu), atau steroid untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan otak. Ini dapat ditambahkan pada rencana perawatan lainnya.

Uji klinis (pengobatan rencana yang dirancang oleh para ilmuwan dan dokter untuk mencoba bahan-bahan kimia baru atau metode pengobatan pada pasien) dapat cara lain bagi pasien untuk mendapatkan perawatan khusus untuk jenis sel kanker mereka. Uji klinis adalah bagian dari upaya penelitian untuk menghasilkan pengobatan yang lebih baik untuk semua jenis penyakit. Pengobatan sel induk untuk kanker batang otak dan otak dan kondisi lain mungkin tidak tersedia, karena penelitian dengan pasien yang sedang berlangsung menggunakan terapi potensial. Pengobatan terbaik untuk kanker otak dirancang oleh tim spesialis kanker dalam hubungannya dengan keinginan pasien.


Apakah efek samping dari perawatan kanker otak?

Efek samping pengobatan kanker otak bervariasi dengan rencana perawatan (misalnya, pembedahan, kemoterapi, atau radiasi) dan status kesehatan keseluruhan dari pasien. Rencana pengobatan yang paling mencoba untuk menyimpan semua efek samping seminimal mungkin. Untuk beberapa pasien, efek samping pengobatan kanker otak bisa parah. Rencana pengobatan harus mencakup pembahasan tentang potensi efek samping dan kemungkinan mereka berkembang, sehingga pasien dan pengasuh mereka (keluarga, teman) dapat membuat keputusan pengobatan yang tepat dalam hubungannya dengan tim medis mereka. Juga, jika efek samping mengembangkan, pasien memiliki beberapa pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan tentang mereka seperti ketika mengambil obat tertentu atau kapan harus menghubungi dokter mereka untuk melaporkan perubahan kesehatan.

Efek samping bedah mencakup peningkatan gejala saat ini, kerusakan jaringan otak normal, pembengkakan otak, dan kejang. Perubahan lain dalam fungsi otak seperti kelemahan otot, perubahan mental, dan penurunan dalam fungsi otak yang dikendalikan dapat terjadi. Kombinasi efek samping mungkin terjadi. Efek samping yang paling terlihat lama setelah operasi tetapi sering menurun dari waktu ke waktu. Kadang-kadang, efek samping tidak pergi.

Kemoterapi biasanya mempengaruhi (kerusakan atau membunuh) sel-sel kanker berkembang dengan cepat tetapi juga dapat mempengaruhi jaringan normal. Kemoterapi biasanya diberikan secara intravena sehingga obat bisa mencapai organ tubuh yang paling. Efek samping yang umum dari kemoterapi adalah mual, muntah, rambut rontok, dan kehilangan energi. Sistem kekebalan tubuh sering tertekan oleh kemoterapi, yang menghasilkan kerentanan tinggi untuk infeksi. Sistem lain, seperti ginjal dan organ reproduksi, juga dapat rusak oleh kemoterapi. Sebagian besar efek samping penurunan dari waktu ke waktu, tetapi beberapa mungkin tidak.

Terapi radiasi memiliki sebagian besar efek samping yang sama seperti kemoterapi. Kebanyakan terapi radiasi difokuskan ke jaringan kanker otak, sehingga beberapa sistem tidak menerima radiasi langsung (sistem kekebalan tubuh, ginjal, dan lain-lain). Efek pada sistem tidak menerima radiasi langsung biasanya tidak separah yang terlihat dengan kemoterapi. Namun, rambut dan kulit biasanya terkena, menyebabkan rambut rontok (kadang-kadang permanen) dan kulit kemerahan dan gelap yang membutuhkan perlindungan dari matahari.

Apa prognosis (hasil) dari kanker otak diobati?

Kelangsungan hidup kanker otak diobati bervariasi dengan usia kanker jenis, lokasi, dan secara keseluruhan dan kesehatan umum pasien. Secara umum, rencana pengobatan yang paling jarang menghasilkan kesembuhan. Laporan bertahan hidup lebih besar lima tahun (yang dianggap kelangsungan hidup jangka panjang) bervariasi dari kurang dari 10% menjadi 32% tinggi, tidak peduli apa rencana perawatan yang digunakan; pemulihan dari kanker otak adalah mungkin tetapi realistis pemulihan, lengkap tidak sering terjadi. Namun, sekitar 75% dari anak-anak akan bertahan lebih lama dari lima tahun, sering karena penyakit kronis, orang tua memiliki hasil yang lebih buruk kecuali dengan tumor kelas terendah.

Jadi, mengapa menggunakan rencana pengobatan? Tanpa pengobatan, kanker otak biasanya agresif dan mengakibatkan kematian dalam jangka waktu singkat. Rencana perawatan dapat memperpanjang kelangsungan hidup dan dapat meningkatkan kualitas hidup pasien untuk beberapa waktu. Sekali lagi, pasien dan pengasuh harus mendiskusikan prognosis ketika memutuskan rencana perawatan.

Apa yang dapat saya lakukan untuk membantu keluarga saya (dan saya) mengatasi dengan diagnosis saya kanker otak?

Diskusikan kekhawatiran Anda secara terbuka dengan dokter Anda dan anggota keluarga. Adalah umum bagi otak pasien kanker untuk peduli tentang bagaimana mereka dapat terus menjalani kehidupan mereka senormal mungkin, melainkan juga umum bagi mereka untuk menjadi cemas, depresi, dan marah. Kebanyakan orang mengatasi lebih baik ketika mereka mendiskusikan keprihatinan mereka dan perasaan. Meskipun beberapa pasien dapat melakukan hal ini dengan teman dan kerabat, yang lainnya menemukan pelipur lara dalam kelompok dukungan (orang yang memiliki kanker otak dan bersedia untuk mendiskusikan pengalaman mereka dengan pasien lain) terdiri dari orang yang mengalami situasi yang sama dan perasaan. Tim pengobatan pasien dokter harus dapat menghubungkan pasien dengan kelompok dukungan. Selain itu, informasi tentang kelompok dukungan lokal tersedia dari American Cancer Society di http://www.cancer.org/docroot/home/index.asp.

Bagaimana kanker otak dicegah?

Meskipun tidak ada cara untuk mencegah kanker otak, diagnosis dini dan pengobatan tumor yang cenderung untuk bermetastasis ke otak dapat mengurangi resiko tumor otak metastasis. Faktor-faktor berikut telah diusulkan sebagai faktor risiko yang mungkin untuk tumor otak primer: radiasi ke kepala, infeksi HIV, dan racun lingkungan. Namun, tidak ada yang tahu penyebab pasti yang memulai kanker otak, kanker otak, khususnya primer, sehingga langkah-langkah pencegahan yang spesifik tidak diketahui. Meskipun situs web dan artikel pers populer menunjukkan bahwa diet makrobiotik, tidak menggunakan ponsel, dan metode lain akan membantu mencegah kanker otak, tidak ada data yang dapat diandalkan untuk mendukung klaim ini.

Dimana saya bisa mendapatkan informasi lebih lanjut tentang jenis saya kanker otak?

Ada banyak jenis kanker otak. Untuk informasi lebih spesifik tentang jenis kanker, pertanyaan dan diskusi dengan tim perawatan pasien adalah cara terbaik untuk mendapatkan informasi tertentu. Juga, ada banyak sumber daya online yang tersedia tentang jenis kanker otak. Sering kali, sumber daya ini memberikan informasi rinci tambahan tentang patologi, statistik, perawatan, dan kelompok dukungan untuk pasien kanker otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar